PENGALAMAN PEMBELAJARAN MUSIK MELAYU DI ISI PADANGPANJANG

Arga Budaya

Abstract


Masalah pembelajaran musik Melayu di Jurusan Seni Musik Institut Seni Indonesia (ISI) padangpanjang menjadi fokus pembahasan hasil penelitian ini. Sebab proses mengajar-belajar belum sesuai dengan sistem pembelajaran yang diharapkan. Fenomena itu mengakibatkan tidak tercapai kompetensi keterampilan mahasiswa memainkan alat-alat musik Melayu. Setelah dilakukan penelitian melalui pendekatan kualitatif interpretatif, temuan penelitian mengemukakan dosen cenderung memberikan materi pembelajaran berdasarkan pengalaman saja. Maksudnya teori dan langsung praktek diberikan berdasarkan pengalaman yang diterima waktu jadi mahasiswa dahulu.


Keywords


pengalaman; pembelajaran; musik; melayu

Full Text:

PDF

References


Ams, Fuad. 1992. Sekapur Sirih Dari Rantau Melayu. Medan: Taman Budaya.

Bahar, Mahdi. 2000. Menyikapi Seni Pertunjukkan Melayu Untuk Pembangunan Bangsa. Merapi: Mingguan Berita.

Budiardjo, Lily. 1997. Metode Instruksional : dalam Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti.

Esten, Mursal. 1996. Pendidikan Kesenian dalam Menunjang Industri Pariwisata.STSI Padangpanjang: makalah.

Fadlin. 1998. Studi Deskriptif Konstruksi dan Dasr-dasar Pola Ritem Gendang Melayu Sumatera Timur. Medan: Skripsi Sarjana, Jurusan Etnomusikologi FS-USU.

Harrow, A. J. 1972. A Taxonomi of the Psychomotor Domain. New York, David MC Kay Company.

Mudhoffir. 1990. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakaiya.

Percival, Fred & Ellington, Henry. 1984. A hand Book of Educational Technology. Alih Bahasa: Sudjarwo S. Jakarta: Erlangga.

Sinar, Tengku Luckman. Pengantar Etnomusikologi dan Tarian Melayu. Medan: Perwira.

Simpson, E. J. 1966. The Classification of Educational Objectives: Psychomotor Domain. Urbana, III.: University of Illonois Press.

/1998. Buku Pedoman ASKIPadang panjang. Padangpanjang: ASKI.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v14i2.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats